5 Metode Cek Masa Subur Wanita

ANIMASITNM1

5 Metode Cek Masa Subur Wanita

Bagi para wanita yang menginginkan untuk segera hamil dan melahirkan seorang anak maka hal yang pertama kali perlu diketahui terlebih dahulu adalah kapankah masa subur datang. Namun tidak semua wanita mengetahui kapan masa subur mereka.Hal ini dikarenakan tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur sehingga kesulitan bagi mereka menentukan kapan masa subur mereka.

Bila pada pria, sel sperma dapat dihasilkan setiap hari karena memang dipersiapkan kapan saja bila hendak berhubungan seks dan membuahi sel telur wanita kapanpun itu. Namun pada wanita perlu beberapa proses dan melalui siklus menstruasi setiap bulanya dan sayangnya masa subur wanita hanya berlangsing 3-5 hari saja. Untuk perlunya wanita mengetahui masa subur agar ia dan pasangan dapat mengetahui waktu yang tepat untuk bercinta.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat masa subur wanita memiliki kemungkinan untuk hamil lebih tinggi dibandingkan dengan lain hari tersebut karena hanya saat ovulasi saja sel telur dapat dibuahi. Nah, bagaimana ya cara mengetahui masa subur Anda?

Seperti yang dilansir dari parenting.com, ada 5 Metode Cek Masa Subur Wanita. Berikut 5 Metode Cek Masa Subur Wanita yang perlu anda ketahui

Metode Air Seni

Metode cek masa subur wanita pertama adalah dengan menggunakan alat uji air seni. Alat uji kehamilan ini mudah ditemukan di apotek dan cara pakainya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu meneteskan air seni ke alat uji tersebut. Perhatikan setelah beberapa saat. Apabila ada perubahan warna, maka Anda sedang dalam masa subur, namun jika tidak ada perubahan warna berarti maka Anda tidak dalam masa subur. Tingkat akurasi alat ini mencapai 90-95%.

ANIMASITNM2KECIL

Metode Tes Air Liur

Metode cek masa subur wanita kedua adalah melalui media alat tes air liur. Alat ujinya memiliki prinsip seperti mikroskop namun bentuk lebih mungil yang berbentuk seperti lipstik. Cara penggunannya cukup letakkan sedikit air liur Anda pada alat uji, carilah lensa terbaik untuk melihatnya dan perhatikan struktur air liur Anda. Jika tidak berbentuk maka Anda tidak dalam masa subur. Sementara jika struktur air liur anda berbentuk struktur tulang daun, bintik-bintik bisa jadi Anda berada dalam masa subur.

Metode Perhitungan Kalender

Metode cek masa subur wanita melalui perhitungan kalender adalah Cara yang paling banyak diketahui oleh para wanita namun hal ini hanya dapat dilakukan pada wanita yang mengalami siklus menstruasi yang lancar dan teratur saja. Cara ini termasuk yang paling sederhana. Hitunglah hari terakhir Anda menstruasi, kemudian tambah dengan 13 hari, maka itu lah masa subur Anda sampai seminggu ke depan. Tingkat akurasinya lebih rendah yakni 60-70%.

Metode Uji Suhu Tubuh

Suhu tubuh juga merupakan sinyal masa subur wanita. Letakkan thermometer di bawah lidah Anda atau dalam vagina sebelum Anda beraktivitas. Kemudian beraktifitaslah dan ukur suhu tubuh Anda. Jika terjadi kenaikan drastis maka Anda sedang dalam masa subur.

Metode Pengamatan Lendir Vagina

Metode cek masa subur yang terakhir adalah dengan mengamati lendir vagina. Biasanya saat masa subur Serviks akan menghasilkan lendir yang lebih banyak dan lebih pekat dari biasanya, Untuk itu dengan cara ini wanita akan dengan mudah mengetahui kapan masa suburnya masa suburnya.

Itulah cara mengecek masa subur wanita. Sangat mudah bukan ? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

ANIMASITNM1