Facebook

Cara mengatasi vagina agar tidak berbau

vagina harum 300x203 Cara mengatasi vagina agar tidak berbauBanyak wanita yang mendapati vaginanya berbau menyengat kemudian membersihkan vagina secara intensif. Hal ini justru memperparah kondisinya dan meningkatkan risiko infeksi. Mencuci vagina berlebihan, apalagi dengan sabun antiseptik, akan meningkatkan pH sehingga mengganggu keseimbangan flora vagina.

Bila Anda memiliki masalah bau vagina, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengembalikan keasaman agar terjadi keseimbangan flora vagina. Membasuh daerah kemaluan dengan air hangat dan sabun ringan ber-pH netral sudah cukup pada kebanyakan kasus. Bila masalah Anda masih berlanjut setelah beberapa hari, konsultasikan dengan dokter Anda. Dokter dapat memeriksa bila ada kondisi lain seperti penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi yang menyebabkan bau tidak sedap.

Bagaimana mencegah vaginosis bakteri?
Kebanyakan vaginosis terjadi tanpa alasan yang jelas dan tidak dapat dicegah. Beberapa tips berikut dapat mengurangi risikonya dengan tidak mengganggu keseimbangan normal flora vagina:

* Jangan mendorong air ke dalam vagina Anda untuk membersihkannya (douching).
* Jangan menambahkan minyak, antiseptik, sabun, shampoo dll, ke dalam air mandi.
* Jangan gunakan deterjen keras untuk mencuci pakaian dalam Anda.
* Jangan mencuci sekitar vagina Anda terlalu sering. Sekali sehari biasanya cukup.





You might also likeclose