Facebook

Fakta Menarik Selaput Dara!! – Ternyata Bukan Simbol Mutlak Keperawanan Seorang Wanita

keputihanSelaput dara, ya selaput ini memang hanya dimiliki oleh wanita saja. Namun apakah yakin, Anda khususnya yang wanita mengetahui apa itu selaput dara. Saya yakin belum semua dan bahkan hampir setiap wanita memahami bagian yang paling sensitif ini. Malah ada kalahnya ia lebih banyak dipengaruhi oleh mitos yang berbanding fakta dengan yang sebenarnya. Agar tidak terhasut dengan mitos selaput dara yang sudah lama sebagai pedoman kebanyakan orang di tengah masyarakat, namun pahamilah terlebih dahulu informasi pada artikel ini.

Apa yang dimaksud selaput dara?

Selaput dara merupakan satu lipatan selaput lendir yang menutupi pintu bibir vagina perempuan yang sudah ada sejak lahir. Letak selaput ini berada diantara bibir luar vagina kira-kira 2-3 cm dan bentuknya bulat mengikut bentuk liang vagina. Setiap wanita memiliki bentuk yang berbeda-beda pula. Ada yang memiliki bentuk unik seperti bulan sabit (semilunar) dan mempunyai pemisah (eptum). Selaput ini amat tipis dan merupakan membran yang lembut. Secara biologisnya membran ini tidak berfungsi, tetapi ia mempunyai beban yang berat karena dinilai sebagai bukti kegadisan seorang perempuan.

Apakah selaput dara dimiliki setiap wanita?

Jawabnya adalah “TIDAK”. Ternyata memang tidak semua wanita memiliki selaput dara pada vaginanya. Dari beberapa kajian mendapati bilamana ada bayi perempuan lahir tanpa selaput dara.

Apakah ketebalan selaput dara setiap wanita sama?

Ketebalan selaput dara berbeda di antara satu wanita dengan wanita lainnya. Ada perempuan yang mempunyai selaput dara amat tipis dan sehingga sangat rentan sekali sobek ketika melakukan aktifitas berat seperti hantaman keras (terjatuh) dan memanjat. Aktifitas tersebut dapat memecahkan selaput daranya meskipun dia belum pernah melakukan hubungan seks. Sebaliknya, ada juga perempuan yang sudah menikah dan berhubungan seks berkali-kali tetapi selaput daranya masih utuh dan tidak dapat dipecahkan oleh penis karena selaput daranya begitu elastik.

Apa saja penyebab pecahnya selaput dara?

Selaput dara sangat elastic namun begitu tidak mudah pecah. Beberapa penyebab selaput dara pecah yaitu apabila melakukan hubungan seks, perawatan berlebihan yang dilakukan pada liang vagina, gangguan penyakit pada saluran vagina, dan tentu saja aktifitas berat yang mempengaruhi alat kelamin wanita.

Apakah pecahnya selaput dara selalu mengeluarkan darah?

Tentu saja tidak karena selaput dara selain terdiri daripada membran yang lembut, ia juga bersifat fleksibel. Mungkin saja selaput dara ini melentur sehingga tidak mengeluarkan darah sewaktu melakukan hubungan intim untuk kali pertama.

Apakah selaput dara sebagai simbol mutlak keperawanan seorang wanita?

Hubungan seksual memang menjadi salah satu faktor pecahnya selaput dara. Di masyarakat pun juga beranggapan bahwa seorang wanita dikatakan masih perawan belum pernah melakukan hubungan seksual. Mitos keperawanan yang berhubungan dengan utuhnya selaput dara ini juga berkaitan dengan pendarahan yang terjadi ketika selaput dara. Inilah yang menjadi tanda keperawanan dan kesucian seorang perempuan pada malam pertama.
Anggapan bahwa seorang wanita tidak mengeluarkan darah pada saat malam pertama berarti sudah tidak perawan. Anggapan ini sebenarnya tidak tepat. Perawan atau tidak seseorang gadis itu bukan hanya bergantung pada keutuhan selaput daranya. Tidak semestinya wanita yang tidak mengeluarkan darah ketika malam pertama sudah tercemar karena selaput dara ini pecah bukan hanya ketika melakukan hubungan intim saja tetapi juga disebabkan beberapa sebab yang dinyatakan di atas.

 
Bagi kaum lelaki, janganlah menilai kesucian istri Anda melalui darah yang dikeluarkan ketika mereka mengadakan persetubuhan untuk kali pertamanya. Jangan terlalu berpandangan primitif dan kuno dalam menangani kondisi seperti ini, cobalah berfikiran lebih maju dan positif karena di era ini selaput dara bukanlah indikator utama dalam menentukan kesucian wanita.
Mungkin tuduhan Anda ada benarnya yaitu isteri Anda sudah tidak suci lagi. Namun mungkin juga wanita yang Anda nikahi memang tidak memiliki selaput dara atau selaput daranya telah pecah disebabkan aktifitas berat yang dilakukannya. Cobalah memiliki pikiran yang rasional. Jangan hancurkan ikatan pernikahan Anda hanya dengan tuduhan yang tidak benar sehingga pada akhirnya menyebabkan rumah tangga menjadi hancur padahal baru saja dibina. So, Let’s be a person who has possitive thinking! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • letak selaput dara
  • letak selaput dara wanita
  • fakta perawan
  • letak selaput darah d vagina
  • letak selaput darah
  • fakta tentang perawan
  • fakta tentang darah perawan
  • memek perawan pecah
  • yhs-mystartdefault
  • selaput dara vs virginitas