Atasi Emosi Labil Saat PMS dengan Brokoli

ANIMASITNM1

Atasi Emosi Labil Saat PMS dengan Brokoli

Baik saat PMS atau Haid, wanita cenderung mengalami ketidakstabilan emosi karena adanya fluktuasi hormon pada diri wanita. Dengan adanya hal tersebut wanita mudah sekali marah, sedih hingga dengan mudahnya wanita menangis akan hal-hal yang sepele.

Alhasil, karena perubahan emosi wanita yang mudah menjadi buruk terkadang membuat orang-orang disekitanya terganggu dan protes karena hal ini. Bahkan kebanyakan pria menganggap bahwa sang istri adalah musuh dibawah selimut bila sedang haid atau PMS.

Kelabilan emosi ini memang banyak mengganggu dan terkadang wanita juga menyadarinya. Suasana hati yang buruk tentu akan sangat menggangu wanita baik dalam interaksi sosial dan juga dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Walau flutuasi hormon penyebab wanita mudah emosional merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap diri wanita bukan berarti hal ini tidak dapat diatasi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi fluktuasi hormon wanita. Dan kabar gembiranya adalah baru-baru ini, para peneliti menganjurkan wanita banyak mengonsumsi brokoli saat sedang haid dan PMS. Pasalnya, kandungan zat besi tinggi di dalam brokoli terbukti dapat membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin.

ANIMASITNM2KECIL

Hormon serotonin sendiri adalah hormon yang membantu mengendalikan mood. Apabila jumlahnya cukup, maka mood akan tetap stabil dan bahagia. Namun, apabila jumlahnya berkurang dan menurun, maka seseorang jadi cepat marah dan tersinggung. Dengan mengkonsumsi Brokoli dalam jumlah yang cukup maka zat besi yang ada didalamnya akan memerintahkan otak untuk menghasilkan hormon ini melalui kelenjar-kelenjar.

Penelitian ini sebenarnya telah dilakukan setidaknya selama 10 tahun, dan perlahan satu per satu bahan yang dapat meringankan mood saat sedang haid ditemukan. Dan ternyata makanan yang dapat menjadi Atasi Emosi Labil Saat PMS dengan Brokoli

Para peneliti di Universitas Massachusetts dan Harvard yang membuat kesimpulan atas hal ini. Mereka telah melibatkan banyak partisipan di dalam penelitiannya. Hasilnya, wanita diminta mengonsumsi setidaknya 20 mg zat besi untuk mengatasi mood swing pada masa haidnya. Kebutuhan zat besi tersebut, dapat dicukupi dengan konsumsi brokoli sehari-hari.

 

ANIMASITNM1