Endometriosis Salah Satu Penyebab Ketidaksuburan Wanita

ANIMASITNM1

Endometriosis Salah Satu Penyebab Ketidaksuburan Wanita

Bagi Anda para wanita yang sedang berencana untuk hamil dan memiliki anak, Ada berbagai faktor harus Anda pertimbangkan. Salah satu faktor pertimbangan adalah faktor kesuburan. Kesuburan merupakan faktor terpenting dan penentu keberhasilan akan program kehamilan yang sedang anda rencanakan.

Dalam diri wanita sendiri ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan seorang wanita mulai dari gaya hidup, kesehatan, tingkat stress, merokok hingga kelainan hormone. Hal-hal tersebut memanglah faktor ringan yang dapat diperbaiki dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat lagi.

Namun sayangnya selain beberapa faktor seperti diatas ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kesuburan wanita. Yaitu ada atau tidaknya kelainan dan penyakit pada organ intim yang dapat mengahmbat kinerja organ reproduksi. Salah satunya penyakit yang dapat menjadi penyebab ketidak suburan adalah endometriosis.

Endometriosis merupakan salah satu kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita. Penyakit ini muncul ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim seperti pada overium, tuba fallopi, bladder dan anus. Berdasarkan penelitian yang dilansir oleh parents.com beberapa waktu yang lalu, endometriosis ini merupakan penyebab dari 5-30 persen kasus ketidaksuburan yang terjadi.

ANIMASITNM2KECIL

Penyebab tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim belum diketahui secara pasti, tapi kadar hormon estrogen yang tinggi terbukti dapat memperparah kondisi ini. Karena itu, endometriosis umumnya menyerang wanita di usia produktif. Selain itu ada beberapa faktor pemicu lain yang dapat menyebabkan endometriosis seperti berikut :

1. Jaringan luka: serangkaian jaringan bersifat keras yang disebabkan oleh bekas luka bisa terbentuk diantara uterus, ovarium dan tuba fallopi. Ini menyebabkan sel telur akan sulit untuk masuk ke tuba fallopi.

2. Kista: penyakit yang sering menyerang rahim ini dapat menahan telur sehingga tidak bisa memasuki tuba fallopi.

Memang terdengar sangat menyeramkan dan sangat mengkhawatirkan. Namun Anda tak perlu khawatir. Kedua hal tersebut masih dapat dihindari dengan mendeteksinya lebih dini sebelum mempengaruhi kesuburan Anda. Menerapkan pola hidup sehat sangat penting dalam menghindarkan berbagai resiko yang mengancam kesuburan anda.

 

ANIMASITNM1