Kista dan Pengaruhnya pada Kesuburan Wanita

ANIMASITNM1

Kista dan Pengaruhnya pada Kesuburan Wanita

Bagi para wanita, menjaga kesehatan organ reproduksi merupakan hal yang penting dan tidak boleh diabaikan. Kesehatan organ reproduksi erat kaitanya dengan kemampuan wanita untuk hamil dan melahirkan anak. Sedangkan bagia para wanita belum lengkap rasanya hidup sebagai wanita bila belum merasakan kehamilan, melahirkan dan membesarkan anak.

Namun sayangnya, sama halnya dengan bagian tubuh lain. Organ reproduksi wanita juga tak bisa lepas dari berbagai resiko kesehatan yang siap mengancam kapan saja. Salah satu ancaman bagi kesehatan dan kesuburan wanita adalah Kista. Penyakit kista adalah adalah sejenis timor jinak yang terdapat abses atau nanah didalamnya yang kebanyakan menyerang organ reproduksi bagian atas yaitu pada indung telur.

Karena letaknya yang dekat bagian penting pada organ reproduksi yaitu indung telur yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur wanita tentu pastinya akan menimbulkan kekhawatiran pada pengidap penyakit ini akan kesuburan mereka nantinya. Tentunya anda penasaran akan kista dan pengaruhnya pada kesuburan wanita. Untuk itu ikutilah penjelsaran berikut mengenai kista dan pengaruhnya pada kesuburan wanita.

Dijelaskan pada artikel yang dilansir health.howstuffworks.com, meskipun menjalani pemeriksaan pada ahli ginekologi secara rutin, risiko seorang wanita mengidap kista pada indung telur mereka tidak bisa dicegah begitu saja. Sehingga setiap wanita memiliki resiko timbulnya kista pada indung telur mereka.

ANIMASITNM2KECIL

Kekhawatiran akan kesuburan dan menurunkan peluang seorang wanita untuk hail karen adanya kista pada indung telur mereka memang hal yang wajar. Karena memang indung telur merupakan organ penting bagi wanita dalam memproduksi hormon serta sel telur.  Walaupun bisa tergolong timur jinak dan kebanyakan hanya berisi air saja Namun sayangnya kebenaran bahwa penyakit kista akan menurunkan kesuburan wanita memang benar adanya.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian, meskipun hanya berisi air, kemunculan kista pada indung telur jelas akan menimbulkan efek bagi produksi sel telur yang dihasilkan seorang wanita. Dijelaskan bahwa kista dapat mengganggu proses ovulasi sel telur yang mengakibatkan kemandulan. Mengapa?

Timbulnya benjolan kista akan mengganggu pergerakan sel telur dari indung telur melalui tuba falopi menuju ke rahim. Dengan begitu kista akan menghalangi jalan bertemunya sel telur dan sperma pada tuba falopi sehingga yang terjadi adalah sulit untuk melakukan pembuahan dan kemungkinan akan hamil akan kecil. Dengan adanya gangguan tersebut, kontan saja kesuburan seorang wanita akan terganggu.

Pola hidup sehat dan hindari makanan yang dapat memicu timbulnya perkembangan penyakit-penyakit berbahaya merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindarkan diri dari timbulnya kista,

ANIMASITNM1