Penggunaan Pantyliner Sebabkan Keputihan

ANIMASITNM1

Penggunaan Pantyliner Sebabkan Keputihan

Bagi sebagian perempuan, pantyliner dianggap sebagai salah satu solusi pencegahan dari keputhan sehingga mereka beranggapan bahwa menggunakan pantyliner sepanjang hari akan terhndar dari keputihan. Namun sayang anggapan ini sebenarnya hal ini bisa jadi benar, dan telah salah kaprah. Nyatanya banyak para ahli medis yang tidak menyarankan akan pengunaan pantyliner sepanjang hari untuk mencegah keputihan karena malah penggunaan pantyliner sebabkan keputihan.

“Kalau pakai pantyliner itu harus diganti sering-sering. Jangan dibiarkan seharian penuh karena justru menyebabkan keputihan,” kata Inneke Halim, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Bathseida Hospitals ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/3). Penggunaan pantyliner sebabkan keputihan tak lepas dari keadaan Miss V yang tidak boleh lembab karena akan menjadi tempat yang nyaman bagi jamur, bakteri serta parasit penyebab keputihan sedangkan penggunaan pantyliner akan meningkatkan kelembaban.

ANIMASITNM2KECIL

Dr. Inneke juga menambahkan bahwa penggunaan pantyliner sebaiknya diganti setiap 3-4 jam sekali. “Atau ada saatnya kan ketika keputihan lebih banyak, itu harus lebih cepat diganti,” cetusnya. Hal ini bertujuan untuk agar organ intim perempuan tak jadi terlalu lembab. Jika organ intim terlalu lembab, secara otomatis keputihan malah akan bertambah parah.

Penggunaan Pantilier sebenarnya tidak diperlukan karena penggunaan pembalut diluar masa mentruasi malah akan menimbulkan resiko kesehatan. Seperti yang ditegaskan oleh Dr.Inneke bahwa penggunaan pantyliner sesungguhnya tidak diperlukan apalagi jika digunakan setiap hari. Yang terpenting adalah menggunakan celana dalam yang bersih dan memastikannya tetap kering, terutama usai buang air kecil.

“Kalaupun ingin memakai pantyliner harus yang breathable dan non-perfume,” tutur Inneke memberi syarat.

Ia memaparkan, keputihan sebetulnya adalah tanda hormonal yang wajar terjadi selama ia terhitung sedikit dari segi jumlah. Selain itu, warnanya pun putih bening. Keputihan akan diproduksi lebih banyak saat mendekati masa subur perempuan, yaitu sekitar dua minggu sebelum menstruasi.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi kaum hawa untuk lebih bijak menggunakan pantyliner. Daripada berisiko menggunakannya setiap hari, lebih baik menggunakan saat diperlukan, misalnya menjelang menstruasi.

 

ANIMASITNM1